PENYALURAN BPNT TUNAI, PKH TUNAI DAN BANTUAN BBM BAGI KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) DESA WEDARIJAKSA

  • Dec 01, 2022
  • WEDARIJAKSA-WEDARIJAKSA

wedarijaksa-wedarijaksa.desa.id -- Keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Wedarijaksa kembali menerima bantuan sosial dari Pemerintah Pusat. Yakni, berupa bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM)  bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH)

Petugas Kantor Pos Cab. Wedarijaksa menjelaskan, penyaluran ketiga macam bantuan itu dilakukan dalam waktu bersamaan. Di Kecamatan Wedarijaksa yakni ada yang disalurkan di Kantor Pos Cab. Wedarijaksa dan Balai Desa Masing-masing desa yang ditunjuk sebagai tempat penyaluran bantuan tersebut

 Adapun besaran BLT BBM yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mencapai Rp 150 ribu per bulan, atau Rp 300 ribu untuk setiap tahap penyaluran.

untuk BPNT, lanjutnya, kali ini dicairkan juga sekaligus untuk tiga bulan periode Untuk besarannya, mencapai Rp 200 ribu per bulan atau Rp 600 ribu untuk tiga bulan.

"Jadi setiap KPM totalnya menerima Rp 900 ribu, yaitu terdiri dari Rp 300 ribu BLT BBM ditambah Rp 600 ribu BPNT," lanjutnya ditambah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan dalam 3 bulan sekaligus tapi jumlahnya berbeda-berbeda tergantung program dari Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut

Biasanya, BPNT dibagikan dalam bentuk sembako, terutama beras dan telur. Namun saat ini, bantuan yang dikenal warga dengan istilah rasdog (beras, endog/telur) itu diberikan dalam bentuk uang tunai.

Beliau menyebutkan, jumlah KPM penerima BLT BBM dan BPNT di Desa Wedarijaksa ada 924 KPM. Data penerima bantuan tersebut, diperoleh dari Kemensos.

Tak hanya BLT BBM dan BPNT, tambahnya, sebagian dari KPM tersebut juga sekaligus menerima pencairan PKH tahap keempat. Untuk besaran PKH, nilainya berbeda-beda untuk setiap KPM.

"Jadi bagi KPM yang juga masuk PKH, mereka menerima lebih dari Rp 900 ribu karena ditambah juga dengan dana PKH," cetusnya

beliau mengatakan, besaran dana PKH yang diterima KPM yang berhak menerimanya juga berbeda-beda, tergantung komponen PKH yang ada di dalam KPM tersebut. Adapun komponen PKH itu terdiri dari ibu hamil, balita, anak sekolah, disabilitas dan lanjut usia.

beliau menambahkan, untuk penyaluran BLT BBM, BPNT dan PKH, untuk Desa Wedarijaksa, bertempat di Balai Desa Wedarijaksa. Pihaknya pun membuat jadwal agar tidak terjadi antrian yang terlalu panjang di Balai Desa Wedarijaksa

Sedangkan untuk wilayah Desa lainnya, terangnya, dilakukan di ada yang dikantor pos dan ada yang di balai desa masing-masing desa. Selain memangkas jarak, hal itu juga dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan yang parah di kantor pos.

Selain itu, lanjut nya, pihaknya  juga menerapkan sistem door to door. Melalui cara itu, pihaknya yang datang ke rumah penerima yang sudah lansia, sakit ataupun difabel, sehingga mereka tidak perlu susah datang ke kantor pos.