MALAM TIRAKATAN WONG NDARI MBENDHO

Wedarijaksa-Senin (17/8/2020) Malam tirakatan yang digelar oleh warga Dukuh Bendo, Desa Wedarijaksa, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati pada Minggu (16/8/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Perlu kiranya mendoakan para pahlawan dan leluhur desa, paling tidak setahun sekali untuk mengenang jasa mereka. Kali ini sudah masuk tahun ke empat,” ucap Ketua RT 07 Wedarijaksa Wardoyo.

Ia mengatakan, momen kemerdekaan ini harus menjadi semangat bersama untuk terus guyub rukun antar warga. Terlebih saat ini sedang masa pandemi. “Di masa krisis seluruh warga harus tetap menjaga kondisi kesehatan dan saling bahu-membahu satu sama lain,” katanya.

Tak hanya itu, Kepala Desa Bambang Prihanto juga mengapresiasi adanya malam tirakatan ini. Menurutnya, budaya tirakatan harus terus dilestarikan. “Warga harus tetap mengusung semangat gotong royong, bersama noto projo mbangun deso,” tandasnya.

Di masa pandemi ini, Salah satu aparat BPD Wedarijaksa Jayadi juga turut mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan memakai masker, untuk kepentingan kita bersama, agar warga tetap sehat bebas dari Covid-19,” ungkapnya.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh paduan suara anak-anak RT 07. Disusul dengan sambutan-sambutan, dilanjut istighosah dan tahlil dipimpin oleh Kiai Rosidi, doa tirakatan oleh tokoh masyarakat Achmad Sutrisno Erce.

Ada juga sesi hiburan yang ditampilkan oleh Tim Paduan Suara dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, dilengkapi juga dengan koreografi.

Terakhir, para warga makan bersama dengan Makanan Khas, Nasi Ambengan. Makanan ini dibawa masing-masing warga untuk dimakan bersama. “Inilah yang menjadi simbol kerukunan antar warga yang masih kita jaga sampai hari ini,” tutup Kepala Desa Bambang Prihanto.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan