BULAN ELIMINASI PENYAKIT KAKI GAJAH

Foto: Kegiatan Minum Pil Kaki Gajah secara serentak

Wedarijaksa (02/10/19) Setiap bulan Oktober diperingati sebagai bulan eliminasi penyakit kaki gajah (BELKAGA). Untuk itu, seluruh penduduk yang berusia antara 2-70 tahun dan tinggal di wilayah endemis penyakit kaki gajah atau Filariasis akan diingatkan untuk meminum obat pencegahan yang diberikan dalam program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis sebanyak 1 dosis setiap tahun selama 5 tahun berturut-turut.

Kegiatan minum obat ini disebut Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis yang kemarin dilaksanakan secara serentak oleh Kepala Desa beserta seluruh aparatnya, para masyarakat, dan kader kesehatan di Balai Desa Wedarijaksa sebagai bentuk awal dilaksanakan kegiatan pemberian PIl Kaki Gajah.

Pemberian Pil Kaki Gajah ini manfaat ganda, yaitu selain dapat mematikan atau memandulkan cacing filaria dewasa, juga dapat mematikan cacing perut seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk dan cacing kremi.

“Dengan demikian, orang yang minum obat pencegah penyakit kaki gajah memperoleh dua manfaat sekaligus, yakni melindungi dirinya dari risiko terkena penyakit kaki gajah dan kecacingan. Maka diharapkan semua warga yang nantinya mendapat Pil kaki gajah supaya mau meminumnya. (admin)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan