BERSIH DESA WEDARIJAKSA

Foto : Nasi ingkung yang biasanya disajikan pada saat Bancaan untuk mengawali proses acara Bersih Desa.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat.Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa. Di Desa Wedarijaksa biasanya pelaksanaanya setiap bulan Apit dan harinya ditentukan berdasarkan waktu pelaksanaan pemilihan Kepala Desa, karena hari itu oleh masyarakat dianggap hari paling bersejarah dengan adanya pemimpin baru yang mana diharapkan bisa membawa kemajuan dan kehidupan yang lebih baik oleh warganya. Dan untuk tahun ini bersih desa dilaksanakan pada hari Sabtu legi tgl 4 Agustus 2018.

Biasanya acara diawali dengan kerja bakti membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh warga desa . Selain itu biasanya warga juga membersihkan makan-makam yang dianggap keramat, terutama makam-makam leluhur, sosok atau tokoh yang pernah menjadi panutan masyarakat desa tersebut dan membuat acara sodakohan ditempat tersebut pada hari yang telah ditentukan dengan tujuan untuk membersihkan halangan atau kesusahan yang ada agar kehidupan seluruh warga tenang, tenteram dan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Setelah acara Ritual tersebut selesai dilanjutkan dengan berbagai macam hiburan, yang diadakan di setiap dukuh sesuai selera warganya. Dan seperti biasa acara akan ditutup dengan acara jalan santai mengelilingi seluruh pelosok  desa  yang diikuti sebagian besar warga yang  diharapkan bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan Warga dan rasa cinta terhadap Desanya .

2 Comments

Tinggalkan Balasan